Rabu, 07 April 2010

iPad Bakal 'Memakan' Pasar Netbook

Jakarta - iPad mulai mencuri perhatian banyak orang. Bahkan berdasarkan laporan Display Search, penjualan netbook tahun ini dikhawatirkan anjlok akibat termakan euforia iPad.

Didorong oleh iPad, pasar tablet pun diprediksi bakal mendapat keuntungan luar biasa, dengan menggerus pasar netbook. Nah, sebenarnya musuh dari netbook bukan hanya iPad semata namun juga HP Slate serta tablet-tablet lain.

Menurut Display Search yang dikutip detikINET, Rabu (7/4/2010), pertumbuhan iPad terbesar diprediksi bakal datang dari Amerika Utara dan Eropa Barat. Hal tersebut karena Apple telah menetapkan jalur distribusi kunci dan membuat kesepakatan dengan penyedia konten yang bakal melahirkan potensi-potensi bisnis baru.

Display Search memperkirakan bahwa penjualan PC tablet -- bukan hanya iPad -- bakal mencapai sekitar 5 juta unit pada 2010 ini. Hal itu bakal menyebabkan netbook turun harga, dari sekitar US$ 400-an menjadi US$ 300-an. Lalu apakah netbook ke depannya bakal punah?

Nampaknya tidak. Sebab pengguna akan tetap mencari PC kedua atau ketiga apalagi jika harganya murah. Beberapa industri tetap akan memanfaatkan kepraktisan netbook ketimbang iPad.

Ironisnya, harga netbook yang diprediksi turun tentu membuat biaya produksi sedikit membengkak. Pasalnya, produsen netbook masih harus melakukan sharing profit dengan pihak ketiga, distributor, pemasok komponen dan sebagainya. Sementara iPad bakal lebih diuntungkan dengan adanya App Store yang sangat praktis dari sisi bisnis

0 komentar:

Posting Komentar

 

About Me

Followers

Copyright © 2010 BulPen Corporation

Template By Nano Yulianto